Juru bicara Presiden : Komentar Resmi Atas Nama Presiden

Juru bicara Presiden : Komentar Resmi Atas Nama Presiden

Juru bicara presiden adalah pejabat yang ditunjuk oleh presiden yang berfungsi untuk menyampaikan berbagai komentar resmi yang atas nama presiden.

Di Indonesia, juru bicara presiden muncul pada era Presiden Abdurrahman Wahid yang waktu itu beranggotakan Wimar Witoelar (Ketua), Adhie Massardi, Yahya C Staquf dan Wahyu Muryadi. Pada era Megawati Soekarnoputri, posisi juru bicara ini tidak begitu jelas. Memang ada Pramono Anung, Sutjipto, Roy BB Janis, dan Bambang Kesowo yang kerap mengeluarkan komentar, mengatasnamakan Megawati. Namun, komentar mereka kadang-kadang saling bertabrakan. Pengganti Megawati, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memiliki juru bicara kepresidenan yang beranggotakan Dino Patti Djalal dan Andi Alvian Mallarangeng.

Di negara-negara demokratis maju, komunikasi politik adalah keniscayaan. Perdana Menteri Inggris, Tony Blair, misalnya, memiliki tim komunikasi politik yang tidak sekadar menjadi juru bicara, bahkan berperan sebagai apa yang dikenal dengan spin doctor (ahli membangun citra lewat media). Tim inilah yang merumuskan topik apa yang harus dikomentari, bagaimana mengomentarinya, bahkan sampai pada pemilihan tempat dan waktu yang tepat untuk menyampaikannya

Daftar Juru Bicara Kepresidenan Indonesia

Kabinet Persatuan Nasional (26 Oktober 1999 – 9 Agustus 2001)
Wimar Witoelar
Adhie Massardi
Yahya C Staquf
Wahyu Muryadi

Kabinet Gotong Royong (9 Agustus 2001 – 21 Oktober 2004) :
tidak ada juru bicara

Indonesia Bersatu I (21 Oktober 2004-22 Oktober 2009)
Dino Patti Djalal
Andi Alvian Mallarangeng

Indonesia Bersatu II (22 Oktober 2009 sampai sekarang)
Dino Patti Djalal
Julian Aldrin Pasha

Julian Aldrin Pasha
Julian Aldrin Pasha adalah Wakil Dekan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia. Dia menggantikan posisi Andi mallarangeng sebagai calon juru bicara presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Dimana saat ini Andi sendiri dipercaya presiden untuk menjadi menteri pemuda dan olahraga untuk menggantikan posisi adhyaksa daud.

Julian sendiri lahir diTeluk Betung, Lampung, yang saat ini dikenal rekan kerjanya di FISIP UI sebagai sosok yang rajin dan disiplin. Selain itu prestasi pendidikan yang sudah dicapai Julian diantaranya menamatkan strata 1 dan strata 2 Ilmu Politik di UI. Kemudian menyelasikan S3 ilmu politik di Hosei University, Jepang.

Sosok seorang julian dinilai sebagai orang yang sangat hati-hati dalam berbicara dan menulis. Juru bicara presiden tentunya dituntut untuk selalu cermat dalam setiap kata demi kata yang dikeluarkan, meskipun seorang yang pernah menyelesaikan ilmu politik di jepang dan mengetahui banyak sistem politik di jepang,

Supported By :

BILA AKU PRESIDEN, Yudhasmara Publisher

“Presiden harus menjadi amanah dan tanggung jawab. Presiden Indonesia adalah presiden semua rakyat bukan untuk kelompok. Presiden adalah sebuah cita-cita, semua Anak Indonesia bisa jadi presiden”

“No president who performs his duties faithfully and conscientiously can have any leisure.”

email : judarwanto@gmail.com

http://bilakupresiden.wordpress.com/

            Copyright 2010. Bila Aku Presiden Network Ā Information Education Network. All rights reserved

          Tinggalkan Balasan

          Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

          Logo WordPress.com

          You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

          Gambar Twitter

          You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

          Foto Facebook

          You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

          Foto Google+

          You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

          Connecting to %s